Site icon We are Genio

Tips Menekan Biaya Renovasi Atap Rumah Type 45 Agar Lebih Hemat 

Biaya Renovasi Atap Rumah Type 45

Dibandingkan hunian dengan desain rumah minimalis 6×12, biaya renovasi atap rumah type 45 dipastikan lebih besar nominalnya. 

Namun, jika Anda bisa mengatur pengeluaran dengan baik, biaya yang dibutuhkan untuk renovasi ini dipastikan lebih hemat. Lantas, bagaimana cara supaya biaya renovasi atap rumah dengan type 45 jauh lebih hemat?

Tips Menekan Biaya Renovasi Atap Rumah Type 45 

Sebagai informasi, rumah type 45 umumnya berdiri di tanah seluas 72 m2 hingga 90 m2. Sementara itu, luas bangunannya adalah 45 meter atau sekitar 6 × 7,5 m2.

Dengan ukuran yang cukup luas ini, tiap kali akan merenovasi rumah tentu dibutuhkan biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit. Apalagi jika renovasinya dilakukan secara berbarengan di beberapa bagian rumah.

Beda halnya jika Anda melakukan renovasi pada rumah secara bertahap, contohnya dimulai dari atapnya dulu. Meski begitu, cara tersebut belum cukup efektif menekan biaya renovasi rumah.

Supaya lebih hemat lagi, tips di bawah ini bisa diterapkan ketika Anda akan merenovasi atap rumah type 45.

Pertimbangkan Model Atap

Jika kerusakan atap rumah hanya ada pada genteng yang rusak, biaya perbaikan atap bocor ini dipastikan akan lebih murah. Namun, jika kerusakan hunian Anda meliputi banyak bagian atap, langkah yang harus dipilih tentu menggantinya secara keseluruhan.

Oleh karena itu, biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan ini juga dipastikan lebih besar. Supaya biaya tersebut dapat ditekan sehingga nominalnya lebih kecil, sebelum renovasi dilakukan, sebaiknya pertimbangkan model atap yang akan diterapkan.

Untuk diketahui, ada beberapa model atap yang umum diterapkan, di antaranya adalah model perisai, pelana, standar, datar, dan miring. Tiap-tiap model tersebut tentu memerlukan biaya pemasangan yang berbeda-beda.

Jika tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk ini, sebaiknya pilih model atap yang umum diterapkan. Seperti model atap perisai, pelana, dan standar.

Buat Rancangan Renovasi Atap Rumah 

Setelah menentukan model atap yang akan diterapkan, selanjutnya Anda bisa membuat rancangan renovasi atap rumah. Sebagai informasi, yang termasuk dalam rancangan atap rumah ini meliputi bentuk rangka, ukuran kuda-kuda, hingga jarak tiap kaso.

Kemudian, rancangan ini juga bisa meliputi ukuran reng dan jaraknya jika akan menggunakan atap jenis genteng. Sebagai saran, sebaiknya perancangan ini tidak dilakukan sendirian, tetapi dengan seorang ahli di bidangnya. Ini dilakukan supaya estimasi biaya renovasi atap rumah type 45 bisa makin akurat. 

Pilih Material Atap yang akan Digunakan 

Guna menekan biaya renovasi atap rumah type 45, sebaiknya pilih material atap yang mengutamakan kualitas, bukan sekadar estetika. Dengan memilih bahan terbaik, Anda bisa menekan biaya renovasi sekaligus perawatan atap ke depannya. 

Untuk diketahui, beberapa material yang terbilang bagus dan dijual dengan harga murah di antaranya, baja ringan dan asbes. 

Gunakan Jasa Borongan

Tips terakhir untuk agar renovasi atap rumah type 45 makin hemat adalah dengan memilih jasa borongan. Dibandingkan dengan menggunakan jasa tukang per orangan, ongkos jasa borongan bisa dikatakan lebih murah.

Pasalnya, dari jasa tukang bangunan ini, klien biasanya akan mendapatkan banyak layanan sekaligus. Lain halnya dengan tukang bangunan per orangan, ongkos jasanya biasa dihitung per satu pekerjaan.

Itu dia beberapa tips menekan biaya renovasi atap rumah type 45 yang bisa Anda terapkan. Bagaimana, cukup mudah bukan cara-caranya?

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin Penambah Berat Badan Anak 1 Tahun Di Apotik

Exit mobile version