3 Faktor Utama yang Mempengaruhi Peringkat SEO Website

Author:

Jika diantara kalian ada yang bertanya sebutkan dan jelaskan tiga faktor Utama yang mempengaruhi peringkat SEO website? SEO merupakan serangkaian progress optimasi website agar muncul di halaman Google. Posisi rank pertama adalah incaran SEO. 

Faktor Utama yang Mempengaruhi Peringkat SEO Website

Faktor Utama yang Mempengaruhi Peringkat SEO Website

Faktor peringkat Google yang diyakini para pelopor SEO adalah 200+ faktor. Tapi kali ini kita akan Share 3 faktor Utama yang menjadi sorotan Google dalam peringkat menurut para ahli SEO:

Konten Premium

Untuk menjawab seputar pertanyaan Sebutkan dan jelaskan tiga faktor utama yang Mempengaruhi peringkat SEO website, salah satunya adalah Konten Premium atau konten berkualitas. Google dalam algoritmanya menyatakan, Standar Konten yang memberikan kontribusi pada peringkat (pagerank) merupakan konten yang terstruktur (Search Intent), menarik tapi mudah dipahami, Informatif dan relevan.

Selain unsur tadi, tips membuat konten premium juga dibutuhkan. Hal-hal untuk upaya menggebangkan konten berkualitas, anda bisa gunakan konten berkulitas tidak hanya untuk isi website, akan tetapi juga bisa digunakan untuk backlink pada guest post yang juga memiliki DA kuat:

Buat Konten Orisinil (Fresh Content)

Seperti yang telah kita ketahui, menjiplak secara sengaja konten orang lain akan menyebabkan penalti Google, karena akan ada keterbacaan di mesin pencari sebagai duplikat konten. Tidak hanya itu Keyword tau kata kunci pada konten juga upayakan tidak digunakan dalam satu domain (website), ini juga akan memicu adanya warning spam oleh Google pada doble kata kunci atau keyword.

Berfokus Pada Headline 

Kita kenali dulu headline. Headline merupakan judul dari sebuah karya, baik itu berita, iklan, article dan banyak lagi jenis media lainnya. headline berfungsi menarik minat pembaca isi dari informasi yang tertera di headline.

Kaitannya dengan isi konten yang tujuannya menarik minat pengunjung (pembaca atau audiens). Headline harus dibuat sebagus dan semanarik mugnkin. Seperti umpan yang diracik dengan bahan pelet unggulan untuk memancing ikan di sungai liar, Kira-kira begitu diibaratkan.

Dengan headline anda bisa menentukan target atau prospek pasar tertentu. 

Contoh statistic:

– 70% orang membaca headline Anda

– akan tetapi 30% dari orang yang membaca headline akan membaca keseluruhan konten.

Pertibangannya adalah headline sama petingnua dengan artikel itu sendiri.

Konten yang Bisa Memberikan Jawaban Audiens

Salah satu tujuan dari mesin pencari adalah menyediakan sejumlah jawaban. Google sangatlah mahir dalam hal ini. 

Ketika orang menggunakan mesin pencari Google, orang lebih cenderung membutuhkan jawaban. Sama halnya dengan membaca sebuah postingan blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video, mereka semua menginginkan jawaban untuk mendapatkan pengetahuan yang tepat. Nah, disinilah biasanya peranan link Guest post juga berpengaruh.

Anda bisa gunkan daftar guest post grtais untuk menarik audiens mengarah ke halaman website anda. Dalam istilah SEO ini biasanya disebut backlink web 02.

Keywords yang Sesuai 

Faktor Utama peringkat Google yang berikutnya adalah keyword. Keyword atau kata kunci digunakan pengguna Ketika melakukan pencarian di Google (kueri). Fungsi keyword sendiri bertujuan untuk menentukan kerelevanan dalam hasil mesin pencari atau Google. 

Keyword atau kata kunci yang tepat bisa disematkan di konten dengan tujuan memiliki performa yang baik di peda search engine.

Berdasarkan jumlah panjang-pendeknya kata ada dua jenis kata kunci yang sering digunakan pakar SEO:

Long Tail Keyword

Long tail keyword ini kata kunci lebih spesifik yang terdiri dari 3 kata atau lebih. Meskipun volume dari kata kunci ini lebih kecil, tetapi kata kunci jenis ini memiliki kemudahan muncul untuk audiens. Contoh: ” cara menulis artikel SEO friendly”

Short Tail Keyword

Keyword atau kata kunci ini lebih bersifat umum dan hanya terdiri dari 1-3 kata. Biasanya kata kunci ini memiliki volume yang lebih tinggi dibanding dengan long tail keyword.  Contoh: “cara menulis artikel”

Backlinks, Tautan dari Website Lain

Backlink atau juga sering disebut link building. Ini merupakan tautan dari website satu ke website yang lain. Google menilai bahwa website yang banyak memiliki backlink adalah website yang berkualitas dan terpercaya. Akan tetapi, tidak semua backlink dapat memberikan nilai positif untuk website, anda harus pandai memilih backlink atau tautan dofollow yang lebih banyak. Ini akan berpengaruh pada otoritas website yang anda bangun. 

Hidari backlink yang bisa membuat website anda terdeteksi spam seperti, optimasi anchor teks secara berlebihan, link directory spam, guest blogging yang bersifat spam, paid links, comment spam, forum signature link, dan social bookmarking spam. Intinya anda harus memprioritaskan link high authority untuk backlink anda.

Akhir Kata

Jawaban terkait pertanyaan “ Sebutkan dan jelaskan tiga faktor utama yang Mempengaruhi peringkat SEO website?” telah kami jabarkan 3 faktor tersebut diatas. Jika anda ingin mengetahui faktor-faktor lain yang bisa berpengaruh pada page rank website anda, bisa di bahasan kami selanjutnya. Bagi anda yang mencari daftar backlink dengan kulitas oke, bisa gunkan sumber dari freelink.business.in. Respon baik dan masukan yang positif untuk kami, silahkan tinggalkan di kolom komentar. 

Baca Juga: Penjelasan Mengenai SEO Specialist