Tutorial Cara Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia

Author:

Bagaimana cara mendapatkan backlink dari wikipedia? Simak ulasan ini untuk mengetahui caranya!

Dalam jangka waktu yang cukup lama wikipedia saat ini telah dikenal oleh pakar SEO sebagai tempat penyedia backlink dengan kualitas yang sangat baik, walaupun sangat sering memberikan masalah yang cukup serius.

Website ensiklopedia yang terbesar saat ini di dunia masih terbukti sangat membantu promosi di dalam dunia internet. Beberapa praktisi SEO pemula mungkin masih bingung tentang cara kerja backlink yang telah dihasilkan oleh Wikipedia tersebut. Namun, mereka mengira bahwa menambahkan tautan pada bagian “tautan eksternal / link eksternal” pada halaman topik yang relevan sudah memiliki nilai yang lebih dari cukup.

Tetapi kalian juga harus mengetahui tentang cara mendapatkan backlink dari Wikipedia.

Memberikan link atau tautan dari Wikipedia seperti operasi di meja hijau, berbagai macam masalah dapat muncul jika kalian tidak melakukannya dengan benar. Penulisan domain atau penempatan backlink yang tidak sesuai dengan prosedur akan memberikan dampak spam dan dapat diblokir total dari wikipedia.

Dapat dikatakan sangat sulit sekali untuk dapat mendapatkan backlink serta memelihara backlink yang diberikan dari website ini. Tautan balik yang hanya terhitung sebagai rel no-follow namun telah terbukti sangat efektif bagi para pakar SEO dalam membangun sebuah website.

Daftar Isi

metode broken link building
Sumber gambar: pexels.com/Mike-B

Seperti yang diketahui bahwa wikipedia adalah salah satu situs yang menjadi referensi bagi banyak website di seluruh dunia. Fakta ini menegaskan bahwa wikipedia menjadi salah satu tempat yang potensial untuk melakukan link building.

Berdasarkan pengalaman saya saat bekerja di tim jasa seo website, salah satu metode yang sangat sering digunakan adalah metode broken link building. Metode ini adalah metode mencari peluang backlink melalui broken link dari suatu halaman (website yang terhubung dengan broken link).

  • Mencari link yang rusak dengan menggunakan Google agar menemukan broken link dengan mengetikkan dua rumus dasar, rumusnya adalah site:wikipedia.org “keyword” “dead link” dan menggunakan site:wikipedia.org “keyword” “citation needed”.
  • Setelah berhasil mendapatkan hasil yang telah kalian targetkan pada halaman Google, silahkan tekan kombinasi Ctrl + F dalam web browser kemudian tulis “dead link” pada bagian kolom pencarian atau dapat juga dengan menuliskan “citation required”.
  • Tips berikutnya, secara otomatis kalian akan menemui eksternal link yang mati atau rusak.
  • Lalu kalian dapat membuka tab baru pada browser, dan buka Wayback Machine Archive. Copy broken link yang terdapat di Wikipedia dan paste pada bagian kolom pencarian Wayback Machine Archive agar mengetahui form sebelumnya.
  • Klik “Browse History” untuk mengetahui form sebelumnya yang telah menjadi link rusak atau mati.
  • Dalam cara ini, kalian perlu memperhatikan salinan konten tautan yang rusak tersebut. Jika berhubungan dengan topik yang sama, kalian dapat buat ulang dengan gaya bahasa yang unik dan menarik. Jika tidak terdapat hubungan sama sekali, kalian dapat mencari broken link yang masih memberikan topik yang serupa.
  • Setelah kalian menggunakan service Wayback Machine Archive, tips selanjutnya adalah menggunakan pelayanan tools seperti Ahrefs atau Majestic SEO untuk menemukan website lain yang berhubungan dengan broken link pada halaman wikipedia tersebut.
  • Langkah terakhirnya adalah dengan melihat tampilan pada broken link di dalam halaman wikipedia menggunakan bantuan dari Wayback Machine Archive, maka sediakan konten yang sama dengan gaya penulisan yang unik. Jika kalian sudah memiliki konten seperti yang dimaksud tersebut untuk tautan yang rusak, maka link baru dapat dibuat sebagai pengganti dari link yang rusak. Tidak hanya mengganti tautan atau link yang rusak pada halaman wikipedia, namun website lain terdeteksi dengan tools bantuan Ahrefs atau Majestic SEO yang kalian gunakan.
cara membuat backlink di wikipedia
Sumber gambar: We Are Genio

Masih membahas mengenai cara mendapatkan backlink dari wikipedia. Kunci utama agar dapat mendapatkan backlink gratis melalui website besar seperti Wikipedia adalah dengan mempelajari semua langkah dan ketentuan. Seluruh yang akan kalian lakukan untuk mendapatkan backlink tersebut harus menggunakan proses yang alami, bukan dengan proses instan dengan waktu yang sangat singkat/cepat.

Mengetahui Tempat Terbaik Untuk Meletakkan Link

Jika kalian menyediakan link, hal itu akan dianggap spam oleh pihak Wikipedia. Namun setidaknya kalian mengikuti dua jenis aturan dasar seperti berikut ini:

  • Jangan memberikan judul halaman yang membutuhkan kutipan. Pada dasarnya, wikipedia secara otomatis akan mencari dan mengamati dengan baik mengenai seluruh judul halaman yang memiliki jenis kutipan lengkap. Jika tautan yang dibuat dengan sengaja ditambahkan tanpa memberikan kontribusi dalam kualitas penulisan halaman, tautan tersebut akan segera dihilangkan dan memiliki potensi tinggi untuk mendapatkan blokir.
  • Mencari judul halaman yang memang perlu untuk dibersihkan dan juga dikembangkan. Dalam artian seperti, cari peluang untuk dapat bergabung sebagai kontributor konten yang berkualitas dengan mengandalkan pengetahuan tentang topik tertentu agar dapat berbagi pengetahuan penting di dalam website Wikipedia.

Tergolong mudah untuk mendapatkan artikel yang membutuhkan lebih banyak informasi yang memiliki kualitas yang sangat baik, kalian dapat mencoba buka halaman “seluruh artikel yang akan diperluas”.

Dalam jangka waktu sebulan terdapat lebih dari 1,800 artikel yang masuk kedalam kategori ini. Silahkan kalian telusuri lebih banyak judul halaman untuk menyimpan sumber backlink potensial. Jangan lupa juga untuk menggunakan jasa backlink murah dan terpercaya di Indonesia.

Kenali Jenis Link

Setelah mengetahui tempat terbaik untuk menaruh link, langkah berikutnya adalah mengetahui jenis link yang sesuai. Pastikan bahwa link tersebut berasal dari sumber yang dapat dipercaya. Sangat disarankan untuk tidak mengambil sumber melalui self-publishing contohnya seperti press release. Pastikan bahwa website tempat memberikan tautan postingan dalam wikipedia melalui pemeriksa fakta untuk memastikan keakuratan konten dan juga kualitas dari konten tersebut.

Demikian adalah informasi menarik tentang cara mendapatkan Backlink dari Wikipedia, semoga menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya seputar cara membuat backlink dari kami dengan mengikuti blog We Are Genio.